Friday, May 21, 2010

I dont have last name, and its okay!

hari yang indah blogger!

buat mereka yang mempunyai last name alias nama lengkap, bersukacitalah! karena saya yakin kalian tidak akan merasakan penderitaan mereka yang tidak mempunyai last name! terutama buat mereka2 yang hidup di negara barat.

beberapa penderitaan yang dialami oleh orang2 seperti gw (baca: gak punya last name).
Kesulitan dalam melakukan transaksi online yang system-nya mengharuskan input untuk mengisi first and last name, tebak apa yang terjadi kalau gak mengisi kolom last name? transaksi gak bisa dilanjutkan! emang dasar sistem sarap!
jadi, solusi-nya buat orang kek gw adalah, mengisi kolom last name dengan nama first name, contoh:
Kalau Susi jadi Susi Susi
Kalau Susu jadi Susu Susu (kasian de namanya jadi terdengar seperti usus.)
Kalau Calvin yah jadi Calvin Calvin.
alhasil pas dulu gw kuliah, semua kartu2 atm dan credit card bertuliskan seperti itu:
Calvin Calvin. mantaph gak tuh??

sejak saat itu gw merasa bahwa sistem2 input data seperti ini yang sudah mendarah daging (halah) di dunia barat harus diganti akan lebih kompatibel dengan dunia timur, karena matahari terbit dari timur (gak nyambung sih, tapi keliatan keren aja statementnya), dan juga sistem seperti ini dapat menyebabkan kebingungan!

waktu pertama kali dulu gw nyampe sydney buat kuliah! kira2 2 atau 3 taun yg lalu, gw mencoba membuka account bank di Commonwealth Bank (eastwood branch), gw bilang "mencoba" karena gw gak yakin berhasil, alasannya? bahasa inggris f.o.b (read: fresh off the Boat) alias ancur. haha. lalu sampelah gw di bank tersebut dan bertemu bagian information, gw ungkapkan kalau gw mau buka account bank, bla bla bla bleh. lalu gw isi form-nya, ternyata si teller kebingungan pas liat gw gak punya last name! di passport juga kaga ada last name. ya kan.
alhasil si teller pemula ini (keliatannya begitu), ampe masuk ke dalem sampe manager-nya kuar cuman buat beginian. haha. KASIAN DE LO.

kejadian ke dua adalah, pada saat gw cari2 tiket pesawat dan cek2 harga di travel2 agent di sekitar syd china town, kebetulan yang ngelayanin waktu itu orang chinese, dan dia sepertinya gak pernah ketemu org yang gak punya last name! alhasil dia tanya ke gw dengan accentnya yang indah,
agen: "what is your last name"
me: i dont have last name
agen: " wow so cool, terus dia ketawa"
dalem ati gw, "COOL DARI HUNGKENG!"

tapi gak semua orang gak gaul kek gitu di syd, bukti-nya lecturer gw bisa langsung tebak kalau gw dari Indonesia cuman ngeliat list nama murid, kata dia tipikal, cuman org Indo yang gak punya last name! haha. BULE GAUL!

yah begitulah cerita hari ini, jadi bersyukurlah setiap hari jika kalian mempunya last name!
(nb: sebenernya gw punya last name, tapi tidak tertulis di akta lahir, ktp, dan passport, jadi untuk urusan birokasi, ijazah, dll. diasumsikan gw gak punya last name)

Fri, 6:08 PM 21/5/10

No comments:

Post a Comment